Monday, February 2, 2015

KEMULIAAN WAJAH RASULULLAH S.A.W DAN WAJAH NABIYULLAH YUSUF As.



Prof.Abuya As Sayyid Muhammad bin 'Alawy Al Maliki r.a.menjelaskan tentang perbedaan wajah Nabiyullah Yusuf As.dgn wajah Nabi Muhammad Saw :
"Sebagaimana dahulu di zaman Nabi Yusuf As.banyak para wanita tergila-gila padanya,bahkan sampai ada yang memotong jari-jarinya karena indahnya melihat wajah Nabiyullah Yusuf As.
Firman Allah ( QS. YUSUF : 31).
"Ketika perempuan-perempuan itu melihatnya,mereka terpesona kepada (keelokan rupanya) dan mereka (tanpa sadar) melukai tanganya sendiri, seraya berkata :"Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia, sungguh ini adalah malaikat yang sempurna".
(QS.Yusuf : 31).
Maka berkatalah Abuya As Sayyid Muhammad bin'Alawi Al Maliki r.a.menukil salah satu riwayat sahabat Nabi Saw,bahwa Allah tidak menampakan keindahan wajah Rasulullah Saw secara keseluruhan di muka bumi ini,hanya satu keindahan saja dari 10 bagian yg diperlihatkan.
"Jika seandainya yg 9 bagian itu ditampakan juga maka orang2 akan mengiris hatinya tanpa terasa karena indahnya wajah Nabi Muhammad Saw."
Nabi Muhammad Saw dan Nabi Yusuf As.Keduanya mendapatkan keistimewaan ketampanan yg masyhur dan luar biasa.
Namun Nabi Muhammad Saw memiliki sebuah kelebihan yg tidak dimiliki oleh Nabi Yusus As yaitu al Haibah al Jalaliyah wa Dlou-un Nuroniyah.
Haibah yg tidak dimiliki oleh Nabi Yusuf As ini membuat ketampananya menghipnotis para wanita dan di gandrungi banyak orang.
Haibah yg tidak dimiliki Nabi Yusuf As ini juga menyebabkan kakak-kakaknya mendengki padanya dan berusaha mencelakainya.
al-Haibah al Jalaliyah yg dimiliki Nabi Muhammad Saw menjadikan kewibawaanya lebih mendominasi daripada ketampananya,hingga tak seorangpun wanita berani menatapnya karena rasa hormat kepadanya,apalagi tergila-gila seperti yg dilakukan tuan putri Zulaiha pada Nabi Yusuf As.
Rasulullah Saw juga memiliki Dlou-un Nuroniyah (Cahaya yang menerangi)
Di kisahkan suatu saat istri Nabi Muhammad Saw menjahit baju,tiba-tiba lampunya mati,karena saking terkejutnya jarum yg di gunakan menjahit itu terlempar entah kemana.
Ketika Nabi Muhammad Saw keluar dan bertanya padanya "Ada apakah gerangan..?"
Seketika itu isteri Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam melihat Cahaya dari tubuh Nabi shallallahu'alaihi wasallam hingga jarum yg terlempar itu bisa terlihat.
Al Imam Ghazali, menjelaskan dalam "Ihya Ulum-Id-Din : "Rasulullah Saw, memiliki jasmani yg tampan,sebagian para sahabat menyatakan senyuman beliau seindah Bulan Purnama.
Hidung tipis,wajahnya halus,janggutnya tebal,lehernya indah,jika cahaya matahari menyinari lehernya,hal itu tampak campuran antara perak dan emas,bagian antara pundaknya begitu lebar."
Sayydina Ibrahim bin Muhammad Ra
Berkata : "Ketika Sayydina Ali bin abi Thalib krw menggambarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,ia berkata,"Beliau Saw tidak terlalu tinggi atau pendek,melainkan seorang pria yg tinggi sedang.
Rambut beliau tidaklah keriting ataupun bergelombang namun paduan daripadanya.Kulit beliau agak putih kemerahan,beliau memiliki bagian mata yg hitam dan bulu mata yang panjang,beliau memiliki bagian yg menonjol dari tulang belikatnya.
Diantara pundak beliau terdapat tanda kenabian,beliau memiliki dada yg paling sempurna di banding orang lain.Beliau memiliki perangai yg lemah lembut dan silsilah yg paling mulia.
mereka yg melihatnya langsung berdiri dengan perasaan kagum kepadanya dan mereka yg berkenalan langsung mencintainya, mereka menggambarkan beliau mengatakan bahwa belum pernah melihat seorangpun seperti beliau dulu ataupun setelahnya."
Sayydina Hasan Ra.berkata :"Beliau memiliki kualitas dan penampilan yg sempurna, yg lain juga menghargainya begitu tinggi wajahnya yg penuh berkah bersinar seperti bulan purnama.Beliau lebih tinggi daripada pria yg tinggi.Rambutnya Saw ikal,jika rambutnya terbelah tanpa sengaja,beliau akan membiarkanya saja,kalau tidak,maka beliau tidak membuatnya menjadi terbelah di tengah.Rasulullah Saw memiliki corak kulit yg berkilauan dan dahi yg lebar.Alis beliau begitu tebal dan rapi,leher beliau begitu indah dan tipis,seperti patung yg terpahat dgn rapi,warna kulitnya begitu jelas,bersinar dan indah laksana perak.Seluruh bagian tubuhnya memiliki ukuran yang sempurna.Tubuh beliau tersusun dgn sempurnanya."
Kelak wajah itu akan diperlihatkan kepada umat manusia di Telaga Haudh,di hari kiamat.
Semoga kita di izinkan memandang wajah yang indah itu.
Aamiin ya Robbal Aalamiin.
Allahumma sholli wa shallim wa baarik alaa Sayydina Muhammad wa alaa alihi wa shohbih.

No comments:

Post a Comment